Senin, 24 November 2014

Eclairs made with love

Akhirnya bisa ngeposting lagi. Ceritanya mau sharing hasil coba-coba di dapur. Akibat kebosanan akut tiap kali off di kost,akhirnya cari-cari resep baru buat dipraktekin. Salah satu hasilnya ECLAIRS

Hasil panggangan tanpa pakai spruit uk.22

Menunggu panggangan ;)

Buatnya ternyata ga susah dan bahan-bahannya ga terlalu ribet. Buat yang mau coba silakan yah 

Resep Eclairs :

Bahan kulit :
75 gr tepung terigu serbaguna (boleh campur)
125ml air
50gr unsalted butter (bisa dicampur wisman)
2 butir telur kocok lepas
Garam sedikit

Cokelat :
100gr dark chocolate (bisa pakai cadburry biar lebih enak)
6 sdm nutella
(Tim adonan dibawah api sedang. Rebus air dan diatasnya baru mangkok tim cokelat)

Isian :
50gr gula pasir
Susu kental manis secukupnya
50-75gr tepung maizena
1 butir kuning telor kocok lepas
Rhum sedikit

Untuk kulit :
Campur air, butter dan garam lalu masak di atas api sedang sampai mendidih, lalu masukan ayakan tepung terigu dan kembali diaduk agar tidak menggumpal dan semua bahan tercampur rata. Biarkan agak sedikit dingin. Setelah itu masukan kocokan telur sedikit demi sedikit agar adonan mengkilap. 

Setelah semua rata,nyalakan oven (karean gw pake otang suhunya yah kira-kira aja). Masukan adonan ke plastik segitiga yang sudah dikasih spruit bintang ukuran 22 yah supaya hasilnya bagus. Kalo gw kemaren ga pake jadi hasilnya ga maksimal.

Semprot adonan sepanjang 8-9cm, beri jarak yah jangan terlalu dekat. Jangan lupa lapisi loyang dengan kertas minyak dan olesi sedikit margarin yah biar ga lengket.

Panggang selama 50 menit sampai matang. Perhatikan kulitnya yah supaya tidak gosong.

Isian :
Campur semua bahan jadi satu kecuali telur. Aduk sampai menggental baru masukan kocokan telur, aduk sampai rata. Terakhir campurkan rhum sedikit supaya harum.

Setelah kulit eclairs matang langsung bolongin sampingnya dengan sumpit supaya uap di dalamnya bisa keluar jadi kulit ga akan lembek. Setelah itu masukkan isian dengan menggunakan bantuan plastik segitiga yang sudah dibolongin kecil supaya bisa masuk ke bolongan yang bekas tusukan sumpit.

Terakhir celupkan eclairs kedalam cokelat leleh. Tinggal sajiin deh buat keluarga. 

Hasilnya seperti ini



Next project choco lava / melted. Buat chocolate chip peanut cookiesnya akan dicoba kagi soalnya kemarin gagal hehehe..


2 komentar:

Regina Bellani mengatakan...

ren thanks for sharing, gue waktu itu pernah bikin eclairs eh failed, curiga gara2 pake otang jadi panasnya kan gak bs diukur gitu nah kayanya kurang panas, jadi gak naik. hahaha.. udah sama semua tuh padahal bahan dan step2nya, next time coba lagi ahhh, pake spuit ren biar lebih cakep :D

AiPy mengatakan...

Nah kayak gini2 Ren lu kembangin trus diseriusin gitu.. :D Tar bantu promosi deh..hihi