Senin, 24 Oktober 2016

RESEP MANGO STICKY RICE

Gara gara sering berseliweran di instagram dan cukup bikin ngiler 😱 akhirnya 2 minggu yang lalu gw memberanikan diri buat mengeksekusi mango sticky rice ala saya.
Orang rumah terutama ade ade gw seneng banget makan mango sticky rice, kalo di mall ada yang jual pasti beli. 

Berhubung akhir bulan mau balik ke rumah nyokap, ceritanya sekalian mau bawain mango sticky rice buat ade gw, makanya gw belajar dulu buatnya 😁

Berbekal liat cara pembuatan di youtube trus rubah resep sana sini akhirnya jadi juga mango sticky ricenya. Pas jadi gw kasih coba ayung soalnya dia belum pernah makan, eeeh ternyata dia suka banget katanya ketannya enak plus sausnya juga mantep *entahlahkaloboong* hahaha

Ini resep hasil modifikasi plus liat cara bikinnya di youtubenya Pailin Hot Thai Kitchen sama di Mark Wiens tapi takarannya beda sesuai sama bahan yang ada aja.



MANGO STICKY RICE 
250gr beras ketan (cuci bersih lalu rendam minimal 6 jam atau semalaman)
*note : saya 6 jam

Masak
Santan (saya pakai kara 130cc + 70cc air)
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir
3 lembar daun pandan

Kukus beras ketan yang sudah direndam semalaman selama 15 menit (lebih enak kukus dialasi kain putih biar ga lengket) lalu campurkan kuah santan selagi panas (santan juga harus panas) aduk aduk sampai rata lalu kukus lagi selama 10-15 menit. 

SAUS :
150cc santan kental (gw pakai kara 100cc + 50cc air)
2sdm gula pasir
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan
1/2 sdt maizena dicampur sedikir air 

Campur semua bahan masak sampai menggental

CARA PENYAJIAN :  Susun ketan + potongan mangga harumanis lalu siram dengan saus santan dan taburi wijen sangrai atau kacang hijau kupas sangrai.

Silakan dicoba semoga enak yah 😉😁 Kalo ada yang sukses buat bisa tag di ig renielie9 yah 




1 komentar:

Evita Wijaya mengatakan...

ren.. aku mah gak mau nyoba.. beli aja. hahahahaa.. boleh juga ren gojekin. udah terima orderan belum? hahahahaha