Sabtu, 14 Juni 2014

Kolak idola anak kost

Hasrat masak kian lama kian membara demi kepuasan perut dan kepuasan diri sekarang setiap hari masak mulu hahaha..
Enak nih ayung tiap hari makan masakan gw mulu, yah itung-itung belajar kalo nanti udah jadi istri dan ibu rumah tangga. Cita-cita gw pengen masakin makanan tiap hari buat suami walaupun cuma masak tumis doang jadi biar irit ga jajan diluar, apalagi jaman sekarang 1x makan diluar aja harus ngeluarin duit Rp.50.000 paling sedikit. Kalo Rp.50.000 dibelanjain ke pasar pasti udah dapet lauk,sayur,sama buah, itu juga bisa buat 2x makan, kan lumayan banget.

Berhubung demi pengiritan dan demi memuaskan keinginan makan kolak akhirnya Jumat kemaren mampir ke supermarket buat beli bahan-bahan. Disini ternyata susah banget cari ubi putih, yang ada cuma ubi merah aja dan gw ga gitu suka ubi merah selain dibuat biji salak atau bola ubi. Makanya kemarin cuma pake singkong sama pisang tanduk aja.

Cara buatnya gampang banget yang mau coba monggo silakan

Bahan-bahan :
Singkong 1 batang, kupas, bersihkan dan potong belah 2
Ubi putih / merah kupas, cuci lalu potong
Pisang tanduk potong miring
Daun pandan secukupnya
Santan kental (pakai santan kara bisa)

Masak :
Gula pasir secukupnya 
Gula jawa / gula merah 6 buah diiris 
Daun pandan

Cara Membuat :
Rebus singkong dengan air secukupnya hingga setengah matang lalu masukan ubi. Masak sampai matang. Setelah matang tambahkan santan kental, pisang tanduk dan daun pandan lalu aduk jangan sampai santa  pecah. Masukan rebusan gula yang sudah disaring lalu aduk terus sampai rebusan mengental, jika kurang kental bisa tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan. Selesai deh ^^

Ini dia hasil kolak buatan sendiri..


Ternyata jadinya banyak banget, untung temen kantor dateng, langsung kita bagi kolaknya 3 gelas buat rame-rame yang mau nonton  bola, eeeehhhhh ga lama yang laen dateng minta lagi kolaknya katanya enak, jadi kasih 2 gelas lagi. Di kost sisa cuma buat 1x makan *sediih* hahaha... Kolaknya jadi idola anak kost lumayan kalo bulan puasa gw jualan kolak aja apa yah lumayan buat tambahan uang jajan hihihi..

Rencana mau masak lagi soalnya Ayung suka banget. Kasian kemaren makannya cuma sedikit hehehe..

Next time akan sharing resep lain yah. Tunggu beli oven dulu nih, mudah-mudahan bulan depan udah kebeli oven alumuniumnya. 

6 komentar:

rochan mengatakan...

Hihihi, asik bgt bs bikin kolak..apalagi kl bln puasa, pasti byk yg mau beli buat buka puasa ren..hehehehe. coba aja iseng2 jualan. :)

Evita Wijaya mengatakan...

hihihii.. aku belum mulai masak. wkwkwkw.. masih beli. *dasar males*, ini gara2 masang selang tabung gas ada bau2nya gitu. kayanya sih bocor. cuma masih mau dicoba lagi. :D

Renie Lie mengatakan...

Iya cyn ini belajar dari popo sama nyokap,dulu mereka suka jualan waktu bulan puasa dan laris manis hehehe..
Kelupaan harusnya pake garam sedikit biar gurih,lupa ditulis dan males edit hahaha

Disini susah mau jualan cyn soalnya daya belinya ga sebagus di bekasi atau jakarta

Renie Lie mengatakan...

Eeeeh ada penganten baru hihihi.. Epiiii selamat yah,selamat menempuh hidup baru cieeeeh cieeeh

Ayo pi masak kolak, si jp suka kolak ga?
Kenapa tabung gasnya? Dicek pi ada karet dalemnya ga, biasanya kan selangnya ada garansi kan bisa dituker pi. Musti hati kl sama gas soalnya bahaya kl bocor mah

Regina Bellani mengatakan...

emang kalau masak sendiri itu ngirit banget ren dibanding makan diluar terus yah hahaha.. aduh jadi pengen kolak nih kapan2 mau coba buat ah :p

AiPy mengatakan...

Udah lama ih ga makan kolak.. Jadi pengen. :D