Selasa, 10 Juni 2014

Home made Nasi Liwet

Ngeliwet, kalo orang Sunda pasti suka banget sama yang satu ini karena ngeliwet itu bisa mempererat silahturahmi katanya. Tapi udah pada tau apa sih ngeliwet? Ngeliwet itu kaya makan bareng tapi disini yang lebih asik ngeliwetnya sambil duduk dilantai ditemenin makanan nasi liwet, ikan asin atau ikan peda, lalapan, biasa pake tahu atau tempe goreng sama sambel terasi sambil makan berjejer bareng alas makannya lebih enak bukan pake piring tapi pake daun pisang.

Karena gw udah hampir 2 tahun tinggal di Bandung makanya gw kepengen banget bisa masak nasi liwet supaya ga terlalu banyak jajan diluar, soalnya nasi liwet diluar harganya udah lumayan mahal. Apa gunanya punya dapur di kostan, apa gunanya internet yah kan hehehe.. *ceritanyasok*

Gw akhirnya tanya-tanya ke tim gw yang suka buat nasi liwet sendiri katanya lebih enak masak di kastrol, tapi berhubung gw belum beli makanya gw coba masak di magic com dulu, nanti kalo enak baru deh beli kastrol biar tambah tradisional lagi hehehe..

Buat yang belum tau apa itu kastrol kaya gini nih bentuknya 
Kastrol untuk liwetan

Setelah cari tau dan bikin akhirnya ini dia hasil nasi liwet buatan sendiri, rasanya enakk ternyata hehehe..




Kalau ada yang berminat buat nasi liwet sendiri ini dia resepnya :

Bahan-bahan :
2 cup beras, cuci bersih
Air secukupnya
Daun salam 4 lembar
Sereh 2 batang digeprek
Garam 1/2 sdt
Mecin sedikit
Royco ayam 1/2 bungkus
Cabe gendot / cabe merah besar
Bawang merah 3 siung dipotong besar
Cabe rawit 5 buah
Ikan teri nasi digoreng lalu tiriskan


Cara Membuat :
Cuci bersih beras lalu tambahkan air secukupnya, masukkan garam, royco, mecin, daun salam, sereh, bawang merah lalu masak di magic com seperti masak nasi biasa. Setelah nasi matang lalu tambahkan ikan teri goreng, cabe gendot dan cabe rawit merah. Diamkan selama 10 menit baru disajikan.

Ayung suka banget makan ini apalagi ditambah ikan peda makin maknyuss. Silakan yang mau coba, kalo ada tambahan atau sukses masaknya kabarin yah hehehe..

8 komentar:

rochan mengatakan...

dah mulai belajar masak aneka makanan ya ren, buat ngenyangin perut suami nantinya. hehehe. ah, jadi ngiler makan nasi liwet. :)

Evita Wijaya mengatakan...

Asikkkkkkk.. kapan2 buat akhhh.. :D

Renie Lie mengatakan...

Ayung sering dimasakin cyn,dia kan tester tiap kali gw masak hehehe..
Nasi liwet ini masaknya gampang koq jd ga perlu skill masak tinggi soalnya kaya masak nasi

Renie Lie mengatakan...

Ayoo dicobain pi,enak loh
Gampang buatnya juga,tinggal modal magic com aja hehehe

mira kumala mengatakan...

wahhhh ren km pinter masak yaa...boleh nih dicoba buat, keliatanny gampang yaa ren hahahhaha

Marlin Nago mengatakan...

wahh Ren, bolehh nihh dicoba.. Kebetulan aku juga hobi masak.. hihihihi.. makasih nih resepnya :)

Renie Lie mengatakan...

Iya mir gampang bgt tinggal masukin semua bahan ke magic com aja hehehe..
Enak mir ga lama masaknya juga

Renie Lie mengatakan...

Sama2 mar. Ayo kapan2 bagi resep ke diriku yah ;)