Senin, 02 Juni 2014

Sop Tulang Iga ala Chef Renie

Maafkan diriku yang selalu ngeposting soal makanan yah, soalnya lagi demen bereksperimen sama bahan-bahan masakan baru yang belum pernah gw pake sebelumnya. Kaya Sabtu kemarin gw mampir ke supermarket buat belanja bulanan sekalian beli sayur sama bumbu-bumbu masak. Pas beli ayam buat dimasak ayam goreng bumbu kuning disitu gw ngeliat ada tulang iga sapi, begitu liat langsung deh gw punya ide mau masak sop tulang iga sapi. Dengan berbekal telepon pintar dan koneksi internet akhirnya gw searching resep sop tulang iga sapi yang akhirnya muncul buanyak buanget referensinya. Gw sempet liat dari tampilannya dulu soalnya menurut gw tampilannya kalo menarik mungkin rasanya bisa jadi enak (padahal ga juga sih hahaha).

Abis gw pilih akhirnya gw beli tuh bumbu-bumbunya mulai dari kapulaga, bunga lawang (bukan taman lawang yah hehe), pala, kayu manis. Dari bumbu diatas jujur aja gw ga pernah kenal yang namanya bunga lawang aka pekak, ternyata bentuknya kaya bunga makanya dinamain kaya gitu.

Gw beli tulang iganya cuma 250gr aja soalnya buat coba-coba doang takut ga enak. Berikut resep yang gw modifikasi sendiri soalnya kalo menurut resep jadinya ga gitu mantep. 

Resep Sop Tulang Iga ala Renie 

Bahan-bahan :
250gr Tulang iga sapi
Air secukupnya untuk merebus tulang iga
4 buah kapulaga
2cm - 3cm kayu manis
1/4 buah pala digeprek dan sedikit diparut
2 buah bunga lawang
Jahe digeprek
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Royco sapi 2 sachet
Mecin sedikit
Tomat dipotong


Bumbu yang dihaluskan :
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih

Bahan pelengkap :
1 buah wortel import potong agak besar
1 buah kentang potong kotak
Seledri (diikat dan direbus bersama rebusan tulang iga)
Seledri dicincang untuk taburan
Bawang goreng untuk taburan
Daun bawang potong besar-besar melintang

Cara Membuat :
Cuci dan bersihkan tulang iga lalu rebus dengan air secukupnya selama 10 menit lalu buang dan ganti airnya. Rebus kembali selama 2 jam. Setelah itu masukan garam secukupnya, kapulaga, jahe, bunga lawang, pala, dan kayu manis (angkat kayu manis setelah 20 menit direbus lalu buang), rebus terus sampai daging iga lunak.

Sementara itu tumis bawang merah dan putih yang sudah dihaluskan, lalu masukan kentang dan wortel yang sudah dipotong, masak sampai agak layu lalu masukkan air kaldu sedikit demi sedikit dan tuang ke panci rebusan tulang iga. Tambahkan kaldu royco sapi lalu rebus kembali selama 30 menit (total 3.5 jam merebus iga). Jangan lupa masukkan seledri yang sudah diikat, merica, mecin dan potongan daun bawang supaya harum. Setelah matang, angkat dan sajikan dengan emping goreng, irisan tomat, taburan bawang goreng dan seledri cincang.


Tumis bawang merah,putih lalu masukin wortel dan kentang

 Rebusan tulang iga 

 Tampilan bunga lawang,kapulaga,pala dan kayu manis

 Hasil masakannya hehehe..

Sop tulang iga, emping goreng dan sambal buatan sendiri

Begitulah hasil masakan saya hari Minggu kemarin dan ternyata Ayung sukaaaa banget sampe nambah terus. Sambelnya juga gampang koq buatnya. Makin nikmat kalo ditambah perasan jeruk nipis itu sopnya hehehe..

Buat yang mau coba jangan terlalu berharap yah takutnya seleranya beda hehehe.. Next time gw posting hasil masakan lain yah.

Oh yah masakan sop iga ini hanya buat orang sabar soalnya ngerebusnya aja perlu waktu 3.5 jam hahaha.. 

1 komentar:

rochan mengatakan...

sampe 3,5 jem yah total waktu masaknya..daku malah ga bs masak sama skali, ngumpulin niat buat belajar masak aja susah. Saluuut sm dirimu. :)