Minggu, 13 Juli 2014

Resep Biji Salak & Nasi Hainam

Bulan puasa kaya gini makin bikin gw rajin bereksperimen buat masakan sama menu buka puasa, biarin gw ga puasa tapi ga tau kenapa koq seneng banget ikut-ikutan bikin tajil. 

Nah Minggu ini gw lagi semangat 45 bikin biji salak atau kalo kata orang sunda itu candil. Gw suka banget tiap bulan puasa soalnya nyokap sering bikin biji salak sendiri, tapi di Bandung kan ga ada nyokap makanya gw musti buat sendiri kalo pengen makan.

Minggu pagi ini gw ajakin Ayung ke pasar Cileunyi buat belanja bahan masakan trus sekalian beli ubi dan bahan biji salak. Hasilnya Minggu ini gw sama Ayung makan besar hahahaha... 

Ini dia hasil masakan hari ini..


Cara buatnya gampang banget, ini pake resep nyokap dan hasilnya enak hehehe..

Bahan-bahannya  :

1/2 kg ubi merah cuci bersih
125gr sagu diayak terlebih dulu

Kuah : (campur semua bahan sampai mendidih lalu saring)
8 buah gula merah potong kecil
Gula putih secukupnya
Daun pandan

Pelengkap :
1 butir kelapa parut lalu peras (ambil santan kental), tambahkan garam sedikit lalu masak hingga mendidih bersama daun pandan. Aduk-aduk jangan sampai pecah santannya. 

Cara Membuat :

Cuci bersih ubi lalu potong bagi 2, kukus sampai matang lalu kupas kulitnya dan dilumatkan sampai halus. Setelah dihaluskan laku dinginkan. Campur ubi yang sudah halus dengan sagu yang sudah diayak lalu ulenin dengan tangan sampai tidak lengket. Setelah itu bisa dibentuk bulat atau gulung lalu potong menyerong. Kalo gw karena ga mau repot langsung dibulatin aja.

Rebus air hingga mendidih lalu masukin ubinya sampai matang, ciri-cirinya matang itu ubi mengambang keatas. Angkat lalu masukan ke kuah gula. Kalau suka bisa ditambahkan sama santan.

Abis masak biji salak gw juga masak Nasi Hainam buat Ayung, pantesan kata orang-orang Ayung itu tambah ndut subur gara-gara gw masak terus hahaha..
Nasi hainam plus emping,timun,ikankapas,telur sama kecap asin sama cabe rawit


Cara buatnya juga gampang koq, berhubung gw ga punya kukusan nasi gw pake magic com aja hehehe.. simple kan.

Bahan-bahannya :

Beras (gw pake 3 cup) cuci bersih lalu rendam sebentar

Bumbu tumis :
10 buah bawang putih, kupas
1 ruas jahe, bersihkan
Garam 
Mecin
Kaldu ayam secukupnya
Minyak wijen (gw pake lee kum kee yang 115ml, tapi cukup pakai 3/4 nya aja)

Cara Membuat :
Blender bawang putih, jahe dan 20ml minyak wijen lalu tumis dengan tambahan minyak wijen supaya harum. Tumis sampai matang lalu tambahin kaldu ayam, garam sama mecin. Masak sampai mendidih lalu masukan ke dalam beras trus masak di magic com sampai matang. Kalo gw auka tambahin jahe yang dimemarkan juga ke dalam beras biar tambah harum. Tunggu sampai matang deh. Gampang kan :)

3 komentar:

rochan mengatakan...

walah, walopun gw ga puasa, tapi abis liat postingan u, jadi pengen minta sm mbak di rumah untuk buatin biji salak jg. Soalnya gw jg doyan banget makanan2 yg dibuat dr ubi. hehehe.

Ternyata bikin nasi hainam itu gampang ya. Kalo mbak gw, biasa masaknya dicampur jg sama jamur kuping /bokji / black fungus (bener kaga ya ngetik nya begitu. hahaha)

tetep semangat buat masak ya ren..ditunggu resep2 selanjutnya. hohoho

Evita Wijaya mengatakan...

mantappp banget dah rennnnn.. :D duh, nge-cah sayuran aja gua masih belepotan. apa lagi buat beginian. hahahaha.. :D

Princess Ribka mengatakan...

Gw kalo masak itu antara 2, keasinan ato ga ada rasa sama sekali..yg paling parah itu masak nasi goreng sosis, tapi plastik sosisnya lupa di kupas -___-"