Rabu, 09 April 2014

Jajanan Bandung Maknyuss

Kalo ngomongin soal Bandung siapa sih yang ga tau kalo di Bandung itu surganya buat yang doyan makan kaya gw. Yup..semenjak tinggal di Bandung juga suka banget hunting makanan enak, tapi bukan makanan cafe soalnya gw lebih suka jajanan kaki lima dan makanan cemilan gitu secara gw tinggalnya agak jauh dari Bandung kotanya jadi agak males ko musti ngabisin waktu 1 jam lebih buat ke Bandung kota. 

Beberapa jajanan Bandung yang gw suka itu Cireng. Siapa yang ga tau cireng angkat ketek tangan?? Cireng itu makanan cemilan asli Bandung yang dibuat dari aci atau tepung sagu. Cireng ini enak banget kalo dicocol sama sambel kacang. Di Majalaya (daerah di Kabupaten Bandung) itu ada yang jual cireng mentah (nantinya tinggal digoreng aja) yang enak banget menurut gw. 1 bungkus plastik cuma goceng alias 5.000 perak doang tapi udah bisa dapet buanyak. 

Cireng harus digoreng diminyak yang panas dan agak banyak biar ngembang sempurna (hahaha bahasa gw). Kalo soal bumbu cocol gw biasa buat sendiri berbekal resep dari Teh Tanti yang jago ngeracik bumbu cireng. Mau tau caranya??? Nih resepnya :

Bumbu Kacang Cocol Cireng

3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
6 buah cabe rawit merah (sesuai selera pedesnya)
Kencur sesuai selera
Bumbu kacang pecel

Cara Membuat 

Tumis cabe, bawang merah dan putih sama kencur sampai harum. Setelah itu haluskan bumbu ditambah garam dan royco sedikit. Tambahkan bumbu pecel, haluskan dan tambahkan air. 




Nah gampang kan buatnya hehehe..

Jajanan yang kedua itu Seblak. Apa sih seblak?? Mungkin kalo orang luar Bandung belum begitu familiar sama makanan ini. Seblak itu kerupuk yang warnanya agak orange gitu, tapi disini seblak yang udah direndam sama air biar agak lemes trus dimasak sama cabe,bawang,kencur trua dikasih bumbu bumbu biar sedap. 

Seblak sekarang udah dimodifikasi jadi ga cuma kerupuk aja yang dibuat seblak, tapi kwetiauw, mie, siomay kering, makaroni, sampe ceker juga bisa dibuat seblak. Nah yang terakhir itu favorite gw banget. Yuppp seblak ceker slruuuup yummy mantep banget deh musti dicobain. 

Selain ceker gw suka banget seblak kwetiauw siomay kecil. Akhirnya dengan berbekal resep yang gw tau plus ngeliatin cara buat si teteh, gw bikin sendiri deh seblak kwetiauw siomay kecil.

Jadinya kaya gini nih (gw ga pake cabe merah keriting jadinya kurang menarik warnanya) tapi rasanya hmmm..enak dong hahaha.. Dari si koko sampe temen temen kantor pada suka sama ini seblak.




Harga seblak sendiri lumayan murmer koq alias murah meriah tapi ngenyangin. 1 porsi seblak kwetiauw siomay yang biasa gw beli di komplek Permata Biru Cibiru sama dideket Yogya Kepatihan itu cuma 6.000 aja. Murah banget kan. Kalo ceker biasanya 8.000. Lo bisa hikin campuran seblak yang lo mau, 1 porsi bisa 2 sampe 3 bahan yang masuk tapi harga beda yah.  

Nah yang sering main ke Bandung jangan cuma mampir ke cafe,resto aja tapi musto nyobain juga jajanan tradisionalnya juga yang ga kalah enak rasanya plus ga bikin kantong bolong hehehe.. Next time gw kasih tau jajanan lain yah kaya basreng (baso goreng), baso ikan, lumpia basah bandung, dll. Plus minggu ini gw bakalan bikin kue bola bola ubi (ngiler gara gara liat postingan Aipy). Doain sukses yah hehehe..

Must try Seblak Ceket Kepatihan







3 komentar:

Evita Wijaya mengatakan...

Hahahaha.. gua suka cirenggg juga.. :D wkwkwkwkw.. kayanya gampang buat cireng.. kapan2 dicoba akh.. :D

Renie Lie mengatakan...

Nanti yah pi gw mau bikin GA hadiahnya makanan khas Bandung salah satunya cireng hehehe.. Ditunggu yah :)

AiPy mengatakan...

Wooo.. Mauu cireeng.. Udah lama keknya ga makan :p