Sabtu, 24 Januari 2015

Resep Telor Cabe, Bola Tahu, Cap Cay ala Saya

Beberapa hari ini tugas utama gw sebagai ibu rt itu ga jauh-jauh dari cuci baju,beres-beres kost,nyapu,ngepel,dan masak. Tugas masak kayanya jadi tugas yang paling gw suka, kenapa? soalnya sekalian bisa icip-icip hahaha #salahtujuan

Gw ga ahli masak cuma emang dari waktu nyokap buka cateringan buat temen-temennya gw udah suka liatin nyokap pas masak. Ternyata sekarang baru kerasa manfaatnya.

Postingan ini ditujukan buat temen-temen newlywed seperti saya. Ini proses masaknya lumayan gampang koq.

1. Telor Cabe

4 butir telor direbus lalu digoreng (lebih juga boleh)

Bumbu halus :

Cabe merah secukupnya
Cabe rawit (kalo suka pedas bisa pakai banyak)
Bawang merah 6 buah
Bawang putih 5 buah
Daun salam 4 lembar
Sereh 2 batang dimemarkan


Cara Membuat :

Tumis semua bumbu halus dengan minyak lalu masukan garam dan gula secukupnya. Masukan telor aduk-aduk lalu hidangkan deh :) 


2. Bola-bola Tahu


Bahan - bahan :

1 buah tahu putih ukuran besar dihancurkan
Daun bawang 1-2 buah diiris
Bawang merah 4 buah + 1 buah bawang putih dihaluskan
1 butir telur (boleh pake boleh tidak)
Garam
Gula
Merica

Cara Membuat :

Campur semua bahan jadi satu (sebelum diberi telur lebih baik dicoba dulu rasanya) setelah itu beri telur. Aduk-aduk lalu bulatkan dan goreng dengan minyak panas yang banyak.


3. Cap Cay

Bahan-bahan :

Wortel potong miring (jangan terlalu tipis) lalu rebus sebentar
Sawi putih dipotong ( 3-4 lembar)
Kembang kol (rebus sebentar)
Kol (3-4 lembar)
Tomat ukuran kecil belah 4
Daun bawang dipotong miring
Bawang putih cincang ( 2 siung besar)
udang basah
Minyak wijen (2 sdm)
Minyak untuk menumis
Larutan tepung maizena (2 sdm)
Garam
Gula
Air secukupnya

Cara Membuat :

Tumis bawang putih sampai harum lalu masukan udang basah, aduk sampai udang berubah warna. 

Masukan wortel dan kembang kol yang sudah direbus sebentar,  lalu masukan sawi dan kol. Beri sedikit air lalu aduk.

Masukan minyak wijen, tomat, gula dan garam secukupnya. Aduk terus. 

Terakhir untuk mengentalkan masukkan larutan tepung maizena. Aduk. Sajikan deh 











7 komentar:

Evita Wijaya mengatakan...

thank renn sama resepnya. penasaran bikin telor bali sama bola tahu. hehehe.. :D

dewi pingping mengatakan...

sbg penggila bola tahu, gue jd kepengen coba resep bola tahu lo Ren :)
tahunya bebas jenisnya ya Ren?

Renie Lie mengatakan...

Sama sama poy. Monggo dicoba
Bola tahu ditambahin ke sop juga enak koq poy

Renie Lie mengatakan...

Tahunya bebas wi asal tahu putih. Karena dibandung jarang ada tahu putih kotak besar jadinya gw pake yun yi yang kotak kecil isi 4 itu
Btw dikasih lada sedikit juga yah wi tahunya

dewi pingping mengatakan...

oke Ren, yg penting tahu putih yak :)
Ren, asli orang bandung ya? sama donk *bangga* tapi bukan sama gue samanya, hehehehe sama kayak Jo ^^

Renie Lie mengatakan...

Bukan aseli Bandung wi,tapi tinggal di Bandung tepatnya di kabupatennya
Udah 2 taon lebih disini karena kerjaan,tapi mulai Desember resmi jadi ibu rt hehehe..

AiPy mengatakan...

Ahseeekkk ada resepp lagii :D Makasihh Renie :D